Ganti Oli Shell Advance AX7 di CBR150R Lokal K45



Assalamu'alaikum wr.wb.


Hari Minggu tanggal 10 April kemarin akhirnya saya putuskan buat ganti oli si Kebo. Sebenernya sih oli baru diganti tanggal  25 Maret sebelum ngetrip ke Puncak. Jadi kalo dihitung-hitung baru 15 harian dan klo ga salah kilometernya baru 600-an. Tapi berasa udah ga betah pgen cepet-cepet ganti aja... Lho emang kenapa????



Jadi gini, waktu pagi hari berangkat kerja saya ngerasa feel riding si Kebo kok tiba-tiba rada abot tarikannya. Mau naik ke rpm 5rb aja dari yang biasanya enteng kok ini kayak ngos2an gitu. Ditambah getaran mesin lebih berasa. Mungkin buat beberapa orang ga trlalu dipermasalahkan. Tapi buat saya ini jadi agak menurunkan feel fun ride pagi hari bareng si Kebo.... Halahhhh :-D 
Tp serius, buat saya kalo motor enak kan kita jadi rileks bawanya, bisa sambil main gitar..lhoo? ;-D

Saya kira itu cuma beberapa saat aja, tapi nyatanya memang tenaganya drop. Saya penasaran. Saya coba googling aja. Setelah saya ubek-ubek, kebetulan di forum Pesbuk ada juga yang mengeluhkan hal yang mirip. Katanya sih penyebab ada pada oli yang dipake. Hmmm kok oli jadi dikambing putihkan??? Sebenarnya ada banyak kemungkinan. Tapi kalo menurut saya sih itu adalah hal yang paling mungkin mengingat setelah ganti oli feel nya jadi kurang enak.

FYI, saya pake oli MPX1. Banyak yang mengeluhkan juga sih tentang oli ini. Yang katanya kopling jadi keras lah, yang mesin jadi geter lah.. bla ble blu..
Dan saya baru ngeh setelah ngerasain sendiri. Tadinya mindset saya, ga mungkin pabrikan mengeluarkan produk dengan kualitas yang kurang bagus. Tapi yaa kenyataanya begitu memang. No offense ya.
 
MPX 1


Kalo dibandingkan dengan oli tetangga Yamalube SuperSemprot, kualitas nya bisa dibilang jauhhhh. Saya sudah merasakannya sendiri. Lha wong sebelum nyoba MPX1 ini saya pake YSS. Dan performa si Kebo tetap terjaga sampe rentang penggantian oli berikutnya.
Terus kalo begitu kenapa waktu penggatian oli kemarin malah pake MPX??? Jadi waktu itu saya kepepet karena ngejar waktu. Oli udah dibuang dr si Kebo, tapi oli baru belum kebeli. Padahal ga lama harus tancap gas. Jadilah saya beli MPX di diler Honda deket rumah, karena diler yamaha waktu itu belum buka.

Back to topik. Setelah seminggu, saya niatkan buat ganti oli. Ga pengen beli YSS karena sayang tanggal 10 Mei nanti juga diserpis hahaha ganti oli lagi. Akhirnya saya belilah Shell AX7. Kenapa? Karena saya udah pernah coba oli itu. Dan feel nya sih lebih bagus dari oli Pabrikan dengan harga yang lebih murah. Hahaha.


Shell Advance AX7

Singkat cerita, saya tuang olinya, besoknya saya ngedate sama si Kebo, dan memang… Olilah penyebab semua kegalauan ini. Pas udah diganti, feelnya jadi enak lagi. Shifting halus, naik rpm gak berat. Kenapa bisa begitu? saya juga gak tau haha. Mungkin dari viskositasnya kali yah. Oli MPX kan lebih encer disuhu tinggi karena 10w-30... Kalo AX7 10w-40

Yahhh ga semua berpendapat sama. Ini hanya main Feel sob. Jadi klo saya boleh rekomen, oli yang bagus di rentang harga dibawah 100rb itu adalah YSS dan Shell AX7 .. ga tau deh merk lain. Belum pernah nyoba hehe. Nanti pengen nyoba Liqui Moly sama Motul Ester sih katanya ajib… harganya hahaha.
Mungkin sobat ada pendapat??? :)





13 komentar:

Unknown mengatakan...

Kalo pertamina enduro 4T racing udah pernah nyoba blum bang ?? Kalo udah...share dong pengalamannya

Lionell Lukman mengatakan...

Thanks om dah mampir..
Belum nih.. msh setia sama oli yss.. tp mnrt saya sih oli apa aja akan kurang trasa bedanya kalo minumnya tetep pertalite atau pertamax hehe..

Unknown mengatakan...

Saya udah pernah coba di cbr k45 saya rasanya bner enak
Pokoknya smpe rentang mau ganti lagi shifting apa lagi netralin gampang banget

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Maaf ni om, mau nanya
Kalo seumpama kapasitas oli motor 1,2 liter trus dikasih oli yg 1 liter itu gimana ? Apa tidak ada efek sampingnya buat kedepan ?

Unknown mengatakan...

sy prnah mas coba pakai enduro racing 4T 10-40 memang mesin g terllu panas m perpndahan transmisi jga agak empuk mugkin krna fiskositas olinya agak kental 10-40 dan jg sdh standrt JASO MA sma sprti oli bwaan AHM,nafas jga RPM ckup pnjang jdi g ush buru2 pndh persneling,hanya saja pada saat awal prgantian oli tarikan msih agak brat baru mulai enteng tarikan pd sekitat 100km atau 150km dignakan bru trikan trasa enteng sma penggunaan bhn BBM agk boros sedikit dibnding oli bawaan AHM jenis SFX 1,tpi lumayan kok oli enduro racing 4T untuk honda cbr lokal

Unknown mengatakan...

sy barusan pke advance ax7 ko mesin berasap?

Unknown mengatakan...

Ini say ngerasain baru td banget pdhl motornya sama kaya admin cbr lokal

Unknown mengatakan...

Oohh jdi gtu yaa om. Soalnya kmaren 1 minggu yg lalu ganti oli mpx itu ke mesin panas bener om. Sampe ku kiranya kipas nya, tpi nyatanya kipas nya fine² aja .Coba klau ku ganti oli bakal gimana yaa

Unknown mengatakan...

Saya punya CBRK45A 2015 ...2 Minggu sejak datang dari dealer ,,oli langsung saya ganti Shell AX7 1 ltr...memang mantap..joosss👍

Unknown mengatakan...

CBR K45 saya make oli Shell 1 liter udah 5 tahun om Alhamdulillah aman" aja

Unknown mengatakan...

Berapa banyak isi olinya bos

 
;