Bayar Pajak Motor di Samsat Depok



Assalamu'alaikum wr.wb.

Hi sob.. Kalau sobat ingin bayar pajak motor di daerah Depok tapi belum tau dimana dan bagaimana, mungkin pengalaman saya kali ini bisa menjadi secercah harapan buat sobat sekalian.. halahhh ;-D .. So here we are.


Sambil cerita ya sob.. Kamis minggu lalu saya memutuskan buat bayar pajak si Kebo kesayangan. Malu dong kalo silaturahmi sama pakpol, motor udah kece masa pajak nunggak wkwk.. Sebenarnya sih pajak berakhir tanggal 20 Oktober nanti.. tapi mumpung lagi cuti jadi sekalian aja.

Ini adalah pertama kali saya mengurus pajak sendiri, makanya ada beberapa hal yang masih ragu terkait kelengkapan yang harus dibawa. Singkat kata, setelah googling, akhirnya nemu juga. Dimanapun kita perpanjang STNK, berikut ini kelengkapan yang harus dibawa:

- Fotocopy KTP 1 lembar beserta aslinya. KTP adalah yang sesuai dengan nama di STNK,
- Fotocopy STNK 1 lembar beserta aslinya,
- Fotocopy BPKB 1 lembar,
- Stopmap untuk meletakkan semua berkas.

Kalau sobat ga mau repot, disamsat juga sudah ada jasa fotokopi beserta map nya. Cukup membayar 5ribu rupiah aja.

Setelah semua kelengkapan sudah siap, langsung saya meluncur ke tkp. Oya, samsat yang saya kunjungi ini berada di dalam ITC DEPOK Lantai Dasar ya sob. Jam operasionalnya adalah:
 Senin - Kamis : 09.00 - 16.00 WIB
 Jumat               : 10.00 - 16.00 WIB (istirahat 11.00 - 13.00 WIB)
 Sabtu               : 10.00 - 13.00 WIB


Nah saya sampai ke tkp jam 9.05 WIB. Dan antreannya sudah panjang sob..hadehhh padahal baru telat 5 menit. Karena penasaran saya samperin petugasnya dan tanya kapan outlet ini dibuka. "Baru aja buka kang, tapi ya beginilah.. udah rame.. ada yang udah dateng dari jam 8 lewat", kata pak petugasnya. Oalahhh ngono toh..



Suasana Samsat di jam buka

Dalam hati saya bergumam, "untung berkasnya udah komplit dari rumah, jadi tinggal ngantri aja". Soalnya akan makan waktu lagi sob kalo kita harus fotokopi dulu.. mana ngantri lagi fotokopinya.. Jadi saran saya sih mending repot sejak dari rumah nyiapin berkas daripada di tkp belum ngapa-ngapain.. Hmm yowes, setelah tadi bertanya sama pak petugas, saya langsung ngumpulin berkas ditempat pendaftaran, dan duduk anteng nunggu antrian.

Dan akhirnya sekitar jam 10-an nama saya dipanggil. Sebenarnya kalo ga ngantri prosesnya cepet kok, bisa sekitar 10 menitan aja. Pak petugas memanggil nama saya sembari memberitahu berapa uang yang harus dibayarkan. Bergegas saya langsung samperin loket pembayarannya. Oya sob, diusahakan pakai uang pas ya, karena kadang petugasnya ga ada uang kembaliannya kalau jumlah kembaliannya banyak. Setelah saya bayar, saya dapat struk warna pink sebagai bukti pembayaran juga untuk pengambilan STNK dan KTP kita di loket sebelahnya.

Struk Bukti Pembayaran

Total yang harus saya bayar untuk si Kebo sebesar 385ribu rupiah. FYI, kebo saya adalah CBR K45A lansiran 2015. Jadi bagi sobat yang punya kebo yang sama, kira-kira segitulah biaya perpanjangan yang harus dibayar tanpa denda. Setelah terima struk, nanti akan dipanggil untuk mengambil kembali KTP dan STNK yang telah diperbarui dengan menyerahkan struk bukti pembayaran yang tadi.

Okss..Segitu dulu sob pengalaman saya soal perpanjang STNK di samsat Depok. Semoga dapat menjadi referensi sobat sekalian yang ingin bayar pajak motor. 

Last, orang bijak taat pajak... Ok Sob ;-)

0 komentar:

 
;