Ngurus Pembuatan STNK yang Hilang? Gampang dan Murah broo!!

“Waduh.. kok STNK nya ga ada ya!! Perasaan terakhir ditaroh disini deh.. Kemanain ya?!! Disini juga ga ada.. Males banget nih ngurusnya kalo sampe ilang.. Biaya lagi deh.. Mana belom gajian lagi.. haduhhhh…” . . . . dan penyesalanpun terjadi. . .

Hi Sob, penggalan prolog mistis diatas, mungkin udah banyak yang mengalami. Yap, yang namanya apes siapa yang tau dan siapa sih yang mau. Kehilangan STNK dengan berbagai alasan. Lupa, rusak, kejambret, kejual . .wkwk. Kali ini giliran saya yang mengalaminya. 3 minggu lalu STNK saya pergi entah kemana dan hingga saat ini tak kunjung pulang.

Berbekal referensi dari gugling dan tanya temen-temen yang udah pernah mengalami hal serupa, saya memutuskan berangkat ke Samsat Depok (karena saya domisilinya di depok) buat mengurus STNK yang hilang. Daaan ternyata, pengurusan dan biayanya ga seribet dan sehoror yang dibilang sama beberapa referensi dan temen-temen yang saya tanyain, asalkaaann. . .

Nah, buat sobat yang kebetulan lagi mengalami hal serupa, tinggalnya di Depok, dan lagi nyari referensi, siapin camilan dan baca sampe habis ya. Buat yang udah kadung baca tapi STNK nya ga ilang, lanjutin aja bacanya. Karena sesuatu yang nanggung itu ga enak sob ;D .So here we are. . . .

Kamis, 19 Okt 2017 saya memutuskan buat izin dari kantor buat ngurus STNK motor saya yang ilang udah hampir 3 minggu lalu sob.. jadi selama 3 minggu itu saya kemana-mana pake fotokopian STNK dan Surat Keterangan kehilangan yang udah saya bikin di polsek setempat 2 minggu lalu. “Lama banget, kenapa ga langsung diurus aja mas semuanya?” Sungguh pertanyaan yang keren. Selain sibuk karena tugas kenegaraan, sebenernya saya juga niat buat sekalian bayar pajak motor. Soalnya pajaknya kan abis tanggal 20 Oktober. Makanya saya pepetin aja ngurusnya tanggal 19 hehe. Nah, sebelum saya ke samsat, ini yang saya persiapkan. Dicatet ya:

1. Surat Keterangan Kehilangan dari Polsek setempat

Kenapa setempat? Karena kalau sepropinsi kebanyakan sob kwkw. Ada beberapa sumber yang mengatakan bahwa mengurus surat kehilangan haruslah dipolsek tempat lokasi kehilangan tersebut. Karena biasanya kan pasti ditanya sama pak pol. Hilangnya dimana, kapan, dan kenapa bisa hilang. Kalau bilang hilangnya ditempat lain, mungkin permohonan kita tidak diproses, dan mungkin malah akan disuruh ke polsek tempat kehilangan tersebut. “Lah terus kalo hilangnya di Papua gimana? Kita harus urus ke Papua gitu? Dan kalo namanya lupa kan pasti ga inget. Kalau inget mungkin ga akan hilang itu STNK nya”. Cerdas bangettt kwkw. Kalau untuk hal itu silakan make sure ke polseknya langsung ya. Soalnya saya kemarin lupa nanya hehe. Btw yang harus dibawa saat mau bikin surat keterangan kehilangan STNK adalah:
    a. KTP asli & fotocopy (KTP harus sesuai dengan yang di STNK)
    b. Fotocopy STNK (kalau ada)

Prosesnya gak lama kok. Dan know what? Saya cuma ditanya begini: “merk motornya apa mas?” “Honda pak” “tipenya? Tipenya?” “Honda CBR pak” “oh oke”. Wwkwk sungguh percakapan yang sangat HQQ .. ga ditanya ilang dimana, kapan dan kenapa, seperti kebanyakan orang. Yoweslah biarin. Malah kebetulan hahaha.
Setelah 5 menitan, surat keteranganpun jadi. “Ada pembebanan biaya gak pak? “Oh ga ada mas” “Serius pak?” “iya mas santai aja”. Dan sayapun hanya berterima kasih kepada bapak polisi yang sudah baik hati mengetikkannya buat saya hehehe. Biaya pembuatannya GRATIS kok. Tapi kalau sobat mau memberikan “apresiasi” lebih sih boleh-boleh aja sob. Kalau saya sih NO... tau kenapa? Hehehe.. Oiya, surat keterangan ini cuma berlaku 14 hari aja ya sob. Jadi kalau udah lewat ya bikin lagi.

MEMBUAT SURAT KETERANGAN KEHILANGAN STNK
Saya ngurusnya di Polsek Tanah Abang

2. KTP asli & fotocopy
    Ini harus sesuai ya sob dengan yang ada di STNK.

3. BPKB asli & fotocopy

4. Fotocopy STNK (kalau ada)

5. Map warna bebas buat naruh semua dokumen

Nah, setelah semua persyaratannya komplit, barulah prosedur pengurusan STNK hilang bisa dilakukan. Perlu dicatat sob, di Depok kan ada juga samsat outlet yang beroperasi di dalam perbelanjaan ITC Depok. Nah kalau disitu ga bisa buat urus pembuatan STNK baru. Soalnya kan ada prosedur cek fisik yang harus dilakukan. Sementara di samsat ITC depok gak mengakomodir kebutuhan tersebut. Jadi kalau mau ngurus ya di Samsat Depok II. Gedungnya baru sob, belum ada setahun katanya. Alamatnya bisa klik link ini https://goo.gl/maps/tNFgPtA2SRJ2

MENGURUS PEMBUATAN STNK YANG HILANG
Gedung Samsat Depok
Operasional Senin-Jumat 08.00-16.00
Sabtu setengah hari Sob

Kalau udah sampe didepannya pasti banyak abang-abang calo yang nawarin “bantuan”. Terserah sobat mau pake jasanya atau engga. Kalau saya sih NO. Untuk biayanya saya ga tau berapa soalnya saya gak nanya dan ga tertarik. Judul artikelnya aja ada kata MURAH nya, nanti kalo saya pake jasa calo ya ga murah lagi dong hehehe. Btw untuk rangkaian prosedur yang kemarin saya jalani sih begini sob:

Cek Fisik

Sobat kalau udah masuk ke gedung samsatnya jangan langsung parkir, tapi langsung cek fisik. Lokasinya ada dibelakang gedung. Nanti diarahin kok kalau kita ga tau. Waktu saya kesana udah ada beberapa motor dan 1 mobil yang lagi cek fisik. Saya parkirin motor sesuai intruksi bapaknya terus keluarin berkas yang diperlukan deh.. entar berkasnya dikasih ke mereka dan proses cek fisik pun berlangsung.
CEK FISIK MOTOR
Si Kebo lagi diraba-raba :o

Prosesnya ga lama kok sob. Ga sampe 10 menitan selesai. Tapi kalau saya liat motor yang lebih dulu dari saya pada belom selesai..hmm bodo ah kwkw.. Terus berkas saya dikembalikan dan saya disuruh ke ruang TU untuk proses selanjutnya. “Ada biaya yang dibebankan ga nih pak?” “Oh gak ada kok mas ga ada, santai aja. Masnya langsung ke TU aja ya… blablabla”. Asik, gratis lagi ternyata sob kwkw

CEK FISIK MOTOR
Berkas yang saya dapet

Ke ruang TU

Tata Usaha? Hmm… Jangan Tanya saya apa itu TU karena saya juga ga tau hahaha. Pas saya masuk ke gedungnya saya tanya ke bapak petugas yang jaga didepan pintu. Setelah diarahkan, saya ga langsung masuk. Tapi foto-foto sebentar hehe.. naluri jurnalis mulai terlihat pemirsa..


Ini ruang TU nya sob

Setelah cukup fotonya, saya lanjut masuk ke ruang TU dan menyerahkan berkas yang tadi. Kemudian saya duduk dan foto-foto lagi sedikit. Pas saya lagi foto-foto, ada bapak yang menghampiri. Dan terjadilah sebuah dialog singkat. Singkatnya, saya diajak nunggu disuatu ruangan oleh si bapak, dan dengan baik hatinya, bapak tersebut yang menguruskan semua berkasnya buat saya. Saya tinggal nunggu dipanggil aja buat bayar di loket pembayaran. “waduh.. ada apaan nih.. kok baik banget ya si bapak itu..” padahal saya udah bilang ga usah repot-repot.. tapi beliau bersikukuh mau bantuin saya. Mekipun menyisakan banyak pertanyaan dibenak tapi yoweslah.. mungkin rejeki saya heehee..

Bayar di Loket Pembayaran

Kira-kira 15menitan, ada petugas yang datang ke ruangan dan mengarahkan saya buat nunggu diloket pembayaran. Katanya saya tinggal nunggu dipanggil dan bayar aja. Yaudah saya menuju ke loket pembayaran dan duduk anteng. Sebenarnya kalau tadi saya urus berkas sendiri sih alurnya sama aja.. habis dari TU nanti langsung menuju ke loket pembayaran. Gak lama, nama sayapun dipanggil dan mba-mba loket menyodorkan kertas berisi jumlah tagihan yang harus saya bayarkan.
MENGURUS STNK YANG HILANG
Struk tagihan

Terlihat bahwa total yang saya bayarkan adalah 485ribu rupiah. Lho kok banyak banget? Tenang sob, kalau diperhatikan seksama, disitu ada BEA ADM STNK seniilai 100rb rupiah. Iya biaya bikin STNK barunya cuma segitu, murah thoo?? memang segitulah biaya sebenarnya pembuatan STNK baru sob. Yang diatasnya itu adalah nominal pajak tahunan motor saya. Jadi, buat yang motornya masih ada tanggungan pajak, maka akan langsung dikenakan disaat kita bayar. Jadi sekalian gitu sob.

Ambil STNK dan berkas Di Loket Penyerahan

Nah, setelah selesai bayar, kita tinggal tunggu aja di loket penyerahan buat ngambil STNK baru yang udah jadi beserta berkas kita. Letaknya disebelah loket pembayaran sob. Disini nih yang lumayan agak lama nunggu antriannya.

MENGURUS STNK YANG HILANG
Loket Penyerahan

Pas saya lagi nunggu, dari belakang dicolek. Saya agak kaget, ternyata si bapak yang tadi itu. Lalu beliau ngasih berkas dan STNK barunya secara langsung ke saya. “Lah kok STNK nya ada di bapak? Bukannya saya sendiri yang harusnya ambil di loket itu pak?” sambil ketawa, bapak itu nyodorkan tangannya seraya ngajak salaman. “Saya tiiiiiiiiiiiit (nama disamarkan hehe). Saya Kabag dibagian pemberkasan. Koe asale Klaten tho le? Aku yo Klaten hahaha. Bapakmu sopo jenenge? Mungkin aku kenal . . “blablablabla. . . . Ga ngerti ya? Hahaha .
Intinya sih, beliau adalah Kabag dibagian pemberkasan (pantesan aja). Beliau berusaha akrab dengan saya sih katanya karena aslinya sama-sama dari Klaten. Kalau untuk yang itu saya masih agak bingung sih hmm.. Tapi intinya saya senang banget dapat pelayanan yang sangat memuaskan selama proses yang saya lakukan. Terutama oleh bapak yang gak ingin disebutkan namanya ini.
“Pak, boleh foto bareng ga?” “buat apa emang” “buat saya posting aja pak di blog pribadi. Biar orang lain tahu sosok bapak baik hati yang satu ini” “hahaha iso wae koe. Yowes tapi yang bagus ya….”

Ehehehe

Last, kalau kita mau sedikit berusaha dan meluangkan waktu, prosesnya gampang dan biayanya cuma 100ribu sobbb. “Ah, 100rb mah tetep mahal. Lumayan kan buat jajan” . Ya makanya kalau punya STNK jangn dihilangin kwkw (nyindir diri sendiri)..

Yowe, sekian dulu sob pengalaman mengurus STNK dari saya. Semoga bisa jadi referensi sobat sekalian yang lagi membutuhkan. Pokoknya, Say NO to PUNGLI ☺

0 komentar:

 
;