Macam - macam OS pada Handphone


SISTEM OPERASI PADA HANDPHONE



Seperti halnya komputer, ponsel juga memiliki sistem operasi yang menjembatani antara perangkat keras dengan program-program yang ada, seperti contact, messaging, kamera, musik player, dan aplikasi pihak ketiga. Kini, sistem operasi pada ponsel sudah berkembang sebegitu pesatnya hingga banyak bermunculan ponsel-ponsel baru yang mengusung berbagai macam sistem operasi berbeda. Berikut ini akan aku coba bahas beberapa sistem operasi mobile yang banyak digunakan saat ini, yang aku kumpulkan dari beberapa sumber.



1.Java



biasanya diterapkan pada jenis yang telah polyponik namun kelas monoponik pun juga telah tersedia.biasanya terdapat pada handphone tipe lama,namun tipe baru sekalipun saat ini baisanya juga telah mendukung untuk fitur ini.harga untuk ponsel jenis ini lebih terjangkau dari pada handphone dengan 2 jenis OS berikut. Java pertama lahir dari The Green Project, yang berjalan selama 18 bulan, dari awal tahun 1991 hingga musim panas 1992. Proyek tersebut belum menggunakan versi yang dinamakan Oak. Proyek ini dimotori oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan, James Gosling dan Bill Joy, beserta sembilan pemrogram lainnya dari Sun Microsystems. Salah satu hasil proyek ini adalah maskot Duke yang dibuat oleh Joe Palrang.
Pertemuan proyek berlangsung di sebuah gedung perkantoran Sand Hill Road di Menlo Park. Sekitar musim panas 1992 proyek ini ditutup dengan menghasilkan sebuah program Java Oak pertama, yang ditujukan sebagai pengendali sebuah peralatan dengan teknologi layar sentuh (touch screen), seperti pada PDA sekarang ini. Teknologi baru ini dinamai "7" (Star Seven).
Setelah era Star Seven selesai, sebuah anak perusahaan TV kabel tertarik ditambah beberapa orang dari proyek The Green Project. Mereka memusatkan kegiatannya pada sebuah ruangan kantor di 100 Hamilton Avenue, Palo Alto.
Perusahaan baru ini bertambah maju: jumlah karyawan meningkat dalam waktu singkat dari 13 menjadi 70 orang. Pada rentang waktu ini juga ditetapkan pemakaian Internet sebagai medium yang menjembatani kerja dan ide di antara mereka. Pada awal tahun 1990-an, Internet masih merupakan rintisan, yang dipakai hanya di kalangan akademisi dan militer.
Mereka menjadikan perambah (browser) Mosaic sebagai landasan awal untuk membuat perambah Java pertama yang dinamai Web Runner, terinsipirasi dari film 1980-an, Blade Runner. Pada perkembangan rilis pertama, Web Runner berganti nama menjadi Hot Java.
Pada sekitar bulan Maret 1995, untuk pertama kali kode sumber Java versi 1.0a2 dibuka. Kesuksesan mereka diikuti dengan untuk pemberitaan pertama kali pada surat kabar San Jose Mercury News pada tanggal 23 Mei 1995.
Sayang terjadi perpecahan di antara mereka suatu hari pada pukul 04.00 di sebuah ruangan hotel Sheraton Palace. Tiga dari pimpinan utama proyek, Eric Schmidt dan George Paolini dari Sun Microsystems bersama Marc Andreessen, membentuk Netscape.
Nama Oak, diambil dari pohon oak yang tumbuh di depan jendela ruangan kerja "bapak java", James Gosling. Nama Oak ini tidak dipakai untuk versi release Java karena sebuah perangkat lunak sudah terdaftar dengan merek dagang tersebut, sehingga diambil nama penggantinya menjadi "Java". Nama ini diambil dari kopi murni yang digiling langsung dari biji (kopi tubruk) kesukaan Gosling.

Versi Awal

Versi awal Java ditahun 1996 sudah merupakan versi release sehingga dinamakan Java Versi 1.0. Java versi ini menyertakan banyak paket standar awal yang terus dikembangkan pada versi selanjutnya:
java.lang: Peruntukan kelas elemen-elemen dasar.
java.io: Peruntukan kelas input dan output, termasuk penggunaan berkas.
java.util: Peruntukan kelas pelengkap seperti kelas struktur data dan kelas kelas penanggalan.
java.net: Peruntukan kelas TCP/IP, yang memungkinkan berkomunikasi dengan komputer lain menggunakan jaringan TCP/IP.
java.awt: Kelas dasar untuk aplikasi antarmuka dengan pengguna (GUI)
java.applet: Kelas dasar aplikasi antar muka untuk diterapkan pada penjelajah web.




2. Symbian
Symbian adalah sistem operasi mobile (OS) dan platform komputasi yang didesain untuk smartphone dan saat ini dikelola oleh Accenture. Platform Symbian adalah penerus OS Symbian dan Nokia Seri 60, tidak seperti Symbian OS, yang memerlukan sistem antarmuka pengguna tambahan, Symbian mencakup komponen antarmuka pengguna berbasis S60 5th Edition. Versi terbaru, Symbian 3, secara resmi dirilis pada Q4 2010, pertama kali digunakan pada Nokia N8. Pada Mei 2011 update, Symbian Anna, secara resmi diumumkan, diikuti oleh Nokia Belle (sebelumnya Symbian Belle) pada bulan Agustus 2011.
Sistem operasi ini dikembangkan oleh Symbian, Ltd.–yang merupakan kolaborasi vendor ponsel Ericsson, Nokia, Motorola, dan Psion–dan memang dikhususkan sebagai mobile operating system. Sistem operasi ini ditulis dengan bahasa C++. Awalnya sistem operasi ini merupakan OS yang close source, namun dalam perkembangannya, sistem operasi ini berubah menjadi open source dan memungkinkan banyak pihak untuk mengembangkan aplikasi yang bisa dioperasikan di ponsel ber-OS symbian. Versi stabil terbaru dari Symbian OS adalah Symbian Belle dan versi tak-stabil terbarunya adalah Symbian^3 platform / Q3 yang dirilis pada tahun 2011.

Dalam perkembangannya Symbian OS memiliki beberapa versi, yaitu
• Symbian OS 6.0 dan 6.1. contohnya adalah Nokia 9210 Communicator
• Symbian OS 7.0 dan 7.0s. Pada versi ini muncul berbagai versi user interface seperti UIQ (Sony Ericsson P800, P900, P910, Motorola A925), Series 60 (Nokia 7650, 3230, 6260, 6600, 6670, 7610, N-Gage, N-Gage QD), Series 80 (Nokia 9210, 9300, 9500), series 90 (Nokia 7710), dan MOAP–Mobile Oriented Application Platform (Contohnya ponsel NTT DoComo). Symbian OS 7.0s adalah versi 7.0 yang diadaptasi agar memiliki kompatibilitas yang lebih baik dengan versi 6.x
• Symbian OS 8.0 dan 8.1. Contohnya adalah Nokia N91
• Symbian OS 9. Digunakan untuk keperluan internal Symbian
• Symbian OS 9.1. Termasuk ponsel Nokia seri S60 3rd edition dan beberapa tipe Sony Ericsson seperti M600 dan P990.
• Symbian OS 9.2. Contohnya Nokia E90, Nokia N95, Nokia N82, dan Nokia 5700
• Symbian OS 9.3. Misalnya Nokia E72, E75, E79, dan N96
• Symbian OS 9.4. Contohnya Samsung OMNIA HD, Nokia N97, Nokia 5800 XpressMusic, Sony Ericsson Satio, dan ponsel S60 5th edition lainnya.
Sistem operasi Symbian juga rentan terhadap ancaman sekuriti berupa virus. Contoh virus yang sering menyerang ponsel ber-OS Symbian adalah Cabir, yang mengirimkan dirinya dari ponsel ke ponsel lain via bluetooth.




3. Windows Mobile



Windows mobile adalah versi mobile dari sistem operasi PC paling populer, Windows, keluaran Microsoft. Sistem operasi ini didesain khusus agar bisa berjalan pada smartphone dan perangkat mobile. Sistem operasi yang awalnya dirilis dengan nama Pocket PC 2000 ini hampir semuanya dilengkapi stylus pen yang digunakan sebagai ‘mouse’ pada layar ponsel. OS ini sudah berkali-kali di-update versinya dengan versi Windows Mobile 6.5 yang dirilis 5 Oktober 2009, Windows Mobile 7.0 yang keluar sekitar pertengahan 2010. User interface dari perangkat Windows Mobile menyerupai Windows pada PC, namun sayangnya, seperti halnya Windows pada PC, sistem operasi ini bersifat close source sehingga agak menyulitkan pihak ketiga untuk menyediakan aplikasi yang mendukung.
Versi-versi yang telah dirilis meliputi:
• Pocket PC 2000
• Pocket PC 2002
• Windows Mobile 2003 yang memiliki 4 edisi, yaitu : Windows Mobile 2003 for Pocket PC Premium Edition, Windows Mobile 2003 for Pocket PC Professional Edition, Windows Mobile 2003 for Smartphone, dan Windows Mobile 2003 for Pocket PC Phone Edition.
• Windows Mobile 2003 Second Edition (Windows Mobile 2003 SE)
• Windows Mobile 5
• Windows Mobile 6 yang memiliki 3 versi, yaitu : Windows Mobile 6 Standard for Smartphone (phone without touchscreen), Windows Mobile 6 Professional for Pocket PC with phone functionality, dan Windows Mobile 6 Classic for Pocket PCs without cellular radio.
Contoh dari perangkat yang memiliki sistem operasi ini antara lain Audiovox SMT 5600, iMate SP3i, Samsung SCH-i600, Mio 8390, Sagem myS-7, Orange SPV C500, HP iPAQ rw6100, Motorola MPx220, O2 Xphone, dan O2 Xphone II.
Microsoft telah memperkenalkan sistem operasi smartphone terbarunya, Windows Phone 8, yang akan dirilis pada akhir tahun 2012. Microsoft pun menggandeng 4 vendor sebagai mitra khusus yang siap memproduksi Windows Phone 8, yakni Nokia, Huawei, Samsung dan HTC.

Perusahaan software raksasa ini menjanjikan banyak hal yang lebih baik di Windows Phone 8, yang siap menutupi kekurangan windows Phone versi 7.

Berikut ini fitur-fitur baru yang akan datang di Windows Phone 8.

1. Mendukung prosesor multi-core

Windows Phone 8 kini membuka diri untuk menerima peranti keras (hardware) prosesor multi core. Ia akan mendukung dual-core, quad-core, dan secara teoritis juga mendukung 64-core. Microsoft juga menyiapkan agar sistem operasinya stabil dalam hal kinerja dan daya tahan baterai.

2. Mendukung tiga resolusi layar

Windows Phone 8 mendukung tiga teknologi resolusi layar, yakni WVGA (800x480 pixel), WXVGA (1280x768 pixel) dan True 720p (1280x720 pixel).

3. Browser Internet Explorer 10

Microsoft mengatakan aplikasi peramban (browser) Internet Explorer 10 (IE 10) di Windows Phone 8, kode-kodenya sangat mirip dengan IE 10 untuk komputer pribadi (PC). Hal ini membawa serta fitur keamanan yang bisa mendeteksi pencurian data online dan filter SmartScreen, yang siap memperingatkan pengguna untuk tidak mengunjungi situs berbahaya.

4. Mendukung penambahan memori eksternal MicroSD

Selama ini pengguna smartphone Windows Phone 7 selalu mengeluh karena mereka tidak dapat menambah ruang penyimpanan data. Di Windows Phone 8, smartphone akan menyediakan slot MicroSD untuk menambah kapasitas penyimpanan data 16GB, 32GB, bahkan mendukung hingga 64GB.

MicroSD akan membantu pengguna ketika ingin mentransfer data dari smartphone ke komputer pribadi.

5. Tampilan Metro baru

Windows Phone 8 mempertahankan tampilan antarmuka Metro yang khas dengan ciri kotak-kotak, seperti bentuk lantai. Namun, ada sedikit perubahan tampilan di Windows Phone 8. Pertama. tampilan kotak-kotak itu akan memenuhi seluruh layar. Kedua, tampilan kotak-kotaknya lebih kecil dan ukurannya bisa diperlebar.

6. NFC dan 'dompet mobile'

Windows Phone 8 akan mendukung Near Field Communication yang bisa menyediakan layanan dompet online sendiri, serta menawarkan pengalaman membeli suatu benda dengan smartphone.

7. Mendekatkan software Windows ke Windows Phone

Microsoft akan menggunakan satu platform untuk mendekatkan software Windows ke Windows Phone. Hal ini dilakukan agar pengembang aplikasi Windows mau membuat aplikasi untuk Windows Phone. Pengembangan sebuah aplikasi untuk Windows Phone 8 bisa dilakukan menggunakan bahasa pemrograman C / C++.

Microsoft akan berbagi banyak kode pemrograman yang digunakan di versi Windows, termasuk sistem file, network stack, model keamanan, pipa media, jaringan dan kode grafis.

8. Peta digital

Layanan peta digital Bing Maps yang sebelumnya digunakan di Windows Phone versi 7, akan diganti dengan Nokia Maps. Keputusan ini menunjukkan hubungan mesra antara Microsoft dan Nokia, karena Nokia Maps akan tetap ada pada smartphone lain di luar Nokia yang mengadopsi Windows Phone 8.

9. Dukungan penuh untuk Skype

Microsoft akan mengintegrasikan Voice Over Internet Protocol (VoIP) untuk melakukan panggilan atau menjawab panggilan dari aplikasi video call Skype.



4. Palm OS



Palm OS adalah sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Palm, Inc. yang awalnya dikhususkan sebagai sistem operasi untuk PDA. Namun dalam perkembangannya, Palm OS juga dibuat untuk smartphone. Sistem operasi ini didesain untuk kemudahan penggunaan dengan GUI (Graphical User Interface) berbasis touchscreen. Sistem operasi ini ditulis dengan bahasa pemrograman C/C++ dan bersifat close source. Contoh perangkat yang menggunakan sistem operasi Palm adalah Palm Treo 680. Smartphone ini menggunakan system operasi Palm OS 5.4.9. Beberapa fitur yang ditawarkan adalah Pocket Express, Microsoft Media Player, Palm files, PDF viewer, Adobe Acrobat reader, eReader, Pocket Tunes, dan Document To Go.




5. Android



Android adalah sistem operasi mobile yang berjalan pada kernel Linux, yang dirilis pada 21 Oktober 2008. Awalnya, sistem operasi ini dikembangkan oleh Android, Inc, yang kemudian dibeli oleh Google, dan yang terakhir, sistem operasi ini dibeli oleh Open Handset Alliance, sebuah consortium dari 47 perusahaan hardware, software, dan telecom yang didirikan untuk membuat open standard bagi perangkat lunak mobile. Sistem operasi ini bersifat free dan open source.
seiring perkembangan teknologi, Androidpun berbenah diri di segala sektor. Alhasil sistem operasi ini berhasil menempati posisi teratas dalam 2 tahun terakhir untuk penjualan handset terbanyak mengalahkan Symbian Blackberry dan iOS.
Perangkat mobile yang mendukung sistem operasi ini sudah sangat banyak dipasaran. salah satu yang termurah hanya berbandrol tak kurang dari satu juta, ckckck ,yaitu Samsung Galaxy Pocket. ponsel keluaran vendor asal Negeri Gingseng, Samsung.
Versi dari Android sendiri sekarang sudah mencapai 2.3 aka. Gingerbread. Dan untuk tablet pc sudah versi 4.0 aka. Ice Cream Sandwich.



6. Blackberry OS



Blackberry OS adalah sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh perusahaan Kanada, Research in Motion (RIM) yang dibuat untuk handheld andalan mereka dengan nama yang sama. Sistem operasi ini ditulis dalam bahasa Java dan bersifat Close Source. Versi terakhir dari OS blackberry sudah menyentuh blackberry v7.1 .Salah duanya adalah Blackberry Curve 9330 dan Curve 9320. Fitur unggulan dari Blackberry yang masih menjadi jagoan hingga saat ini adalah BBM (Blackberry Messenger), dimana pengguna dapat membaca, menulis, dan memeriksa apakah pengguna sudah membaca pesan kita. Perbedaan inilah yang menjadi keuntungan vendor yang bermarkas di Kanada tersebut.
Hmm bagi yang masih memiliki versi lawas, silakahan saja mengupgrade agar kinerjanya lebih mantap lagi:)
kalo yg punya uang lebih beli aja seri terbarunya. Sekalian beliin saya ya, hehehe :D



7. IPhone OS



Iphone OS adalah sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Apple, Inc. yang dibuat untuk produk mereka yaitu iPhone dan iPod Touch. Sistem operasi ini termasuk dalam keluarga Mac OS X / Unix-like operating system. Walaupun sistem operasinya bersifat close source, namun komponennya bersifat open source sehingga memudahkan pihak ketiga untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi yang bisa berjalan pada sistem operasi ini.
User interface pada sistem operasi ini menggunakan konsep manipulasi langsung pada layar handheld dengan menggunakan multi-touch gesture. Kontrol pada interfacenya meliputi slider, swith, dan tombol. Smartphone milik apple sendiri dikenal memiliki interface dan dari segi kualitas hardwarenya maupun softwarenya yang sangat terjaga dan luar biasa, karena harganya yang juga luar biasa...MAHALLL ..ckckck. Dikabarkan versi terakhir dari iOS sudah mencapai 5.1.3 yang diperuntukkan untuk apple iphone5S yang rencananya akan keluar pada kuartal pertama tahun depan. Bagi yang berminat silakan beli.. nabung dulu ya, biar gak kredit hehe :P


Nah sebenarnya, Selain sistem operasi di atas, masih banyak lagi sistem operasi yang digunakan untuk perangkat mobile, seperti Nokia S30 dan S40 (yang digunakan pada ponsel-ponsel jadul Nokia), Maemo, Ubuntu Mobile, webOS, dan lain-lain. Tapi OS tersebut jarang sekali dipakai. Intinya, setiap OS memiliki kelebihan serta kekurangan, tinggal kita saja yang menentukan akan memilih seprti apa OS yang kita ingin pakai sesuai dengan kebutuhan kita :D

0 komentar:

 
;